Monday, 22 September 2014

arsitek post modern

Tugas I
Sejarah Dan Teori Arsitektur II

Arsitek pada periode modern, post modern, dan dekonstruksi
serta perkembangan arsitektur modern di barat & timur


Disusun oleh
Nama: Nursaidah
NIM: 1204104010018


http://acehdesain.files.wordpress.com/2010/04/logo_unsyiah_fromacehdesain1.jpg?w=300&h=288

Program Studi Arsitektur
Fakultas Teknik
Universitas Syiah Kuala



















BAB I
Pendahuluan
1.1       Pengertian dan Ciri-ciri Arsitektur Post-modern
Post-modernisme (Post-modern) adalah gerakan abad akhir ke-20 dalam seni, arsitektur, dan kritik itu adalah keberangkatan dari modernisme. Postmodernisme termasuk interpretasi skeptis terhadap budaya, sastra, seni, filsafat, sejarah, ekonomi, arsitektur, fiksi, dan kritik sastra. Hal ini sering dikaitkan dengan dekonstruksi dan pasca-strukturalisme karena penggunaannya sebagai istilah mendapatkan popularitas yang signifikan pada waktu yang sama sebagai abad kedua puluh dalam pemikiran post-struktural.
Post-modernisme adalah faham yang berkembang setelah era modern dengan modernisme-nya. Postmodernisme bukanlah faham tunggal sebuah teori, namun justru menghargai teori-teori yang bertebaran dan sulit dicari titik temu yang tunggal. Banyak tokoh-tokoh yang memberikan arti post-modernisme sebagai kelanjutan dari modernisme. Namun kelanjutan itu menjadi sangat beragam. Bagi Lyotard dan Geldner, post-modernism adalah pemutusan secara total dari modernism. Bagi Derrida, Foucault dan Baudrillard, bentuk radikal dari kemodernan yang akhirnya bunuh diri karena sulit menyeragamkan teori-teori. Sehingga David Graffin berpendapat, Post-modernisme adalah koreksi beberapa aspek dari modernisme. Menurut Giddens, Post-modernisme adalah bentuk modernisme yang sudah sadar diri dan menjadi bijak. Sedangkan menurut Habermas, Post-modernisme merupakan satu tahap dari modernisme yang belum selesai.
Ciri‑ciri umum Arsitektur post-modern (menurut Budi Sukada, 1988) :
ü  Mengandung unsur-unsur komunikatif yang bersifat lokal atau populer
ü  Membangkitkan kembali kenangan kembali historik
ü  Berkonstek urban
ü  Menerapkan kembali teknik ornamentasi
ü  Bersifat representasional
ü  Berwujud metaforik (dapat berarti dari bentuk lain)
ü  Dihasilkan dari partispasi
ü  Mencerminkan aspirasi umum
ü  Bersifat plural
ü  Bersifat ekletik

1.2       Sejarah Perkembangan Arsitektur Post-modern
Perubahan mendasar dalam sejarah dunia arsitektur adalah saat hadirnya arsitektur modern. Arsitektur sampai abad ke-19 dianggap sebagai seni bangunan. Reformasi pemikiran Arsitektur Modern ini mulai muncul pada abad ke-18, dimana yang dimaksud Arsitektur Modern bukan karya arsitektur, melainkan ide, gagasan, pikiran atau pengetahuan dasar tentang arsitektur. Pemikiran tersebut baru dapat direalisasikan pada pertengahan abad ke-19 dikarenakan pendidikan Arsitektur yang dibagi menjadi dua, sebagai kesenian dan sebagai ilmu teknik sipil, dan munculnya industri bahan bangunan. Antara tahun 1890-1930 muncul berbagai macam pergerakan, antara lain : Art and Craft, Art Noveau, Ekspresionisme, Bauhaus, Amsterdam School, Rotterdam School, dll.  Periode tersebut merupakan puncak sekaligus titik awal dari arsitektur modern.
Perbedaan karakter Modernisme dan Post-modernisme :
·         Modernisme : singular, seragam dan tunggal.
·         Post-modernisme : plural, beraneka ragam dan bhinneka.
1.3       Macam-macam Aliran dalam Arsitektur Post-modern
Aliran-aliran dalam Arsitektur Post-modern dibedakan berdasarkan konsep perancangan dan reaksi terhadap lingkungannya. Di dalam Evolutionary Tree-nya, Charles Jenks mengelompokan arsitektur post-modern kedalam 6 (enam) aliran. Aliran-aliran ini menurutnya sudah ada sejak tahun 1960-an. Keenam aliran tersebut adalah:
a.       Historicism
Pemakaian-pemakaian elemen klasik (misalnya: Ionic, Doric dan Corinthiant) pada bangunan yang dikombinasikan dengan pola-pola modern.
Tokoh: Aero Saarinen, Phillip Johnson, Robert Venturi, Kisho Kurokawa, Kyionori Kikutake.
b.      Straight Revivalisme
Pembangkitan kembali neo-klasik ke dalam bangunan yang bersifat monumental dengan irama komposisi berulang dan simetris.
Tokoh: Aldo Rossi, Monta Mozuna, Ricardo Bofill, Mario Botta.
c.       Neo-vernacularism
Menghidupkan kembali elemen tradisional yang membuat bentuk dan bangunan lokal.
Tokoh: Darbourne and Darke, Joseph Isherick, Aldo Van Eyck.
d.      Contextualism (Urbanist + ad Hoc)
Memperhatikan lingkungan dalam penempatan bangunan sehingga didapat komposisi lingkungan yang serasi. Aliran ini juga sering disebut Urbanism.
Tokoh: Lucien Kroll, Leon Krier, James Stirling.
e.       Metaphor and Metaphisical
Mengekspresi eksplisit dan implicit ungkapan metafora dan metafisika (spiritual) ke dalam bentuk bangunan.
Tokoh: Stinley Tigerman, Antonio Gaudi, Mimoru Takeyama.
f.       Post-Modern space
Memperlihatkan pembentukan ruang dengan mengkomposisikan komponen bangunan itu sendiri.
Tokoh: Peter Eisenman, Robert Stern, Charler Moore, Kohn, Pederson-Fox.








BAB II
Tokoh Arsitek Post-Modern
2.1       Robert Venturi
            Robert Venturi memiliki nama lengkap Robert Charles Venturi, Jr. Ia merupakan seorang arsitek Amerika yang termasuk kedalam salah satu tokoh arsitektur post-modern. Ia pernah mengatakan “less is a bore” yang dimaksudkannya bahwa arsitektur modern yang berkembang sebelum arsitektur post-modern merupakan langgam arsitektur yang sangat membosankan.
Venturi juga merupakan pendiri utama dari perusahaan Venturi, Scott Brown and Associates, dan salah satu tokoh utama dalam arsitektur abad kedua ke-20. Bersama dengan istri juga sebagai mitranya, Denise Scott Brown, ia membantu membentuk para arsitek, planner dan mahasiswa untuk berpikir tentang arsitektur dan lingkungan. Bangunannya, perencanaan, tulisan teoritis dan pengajaran juga telah memberikan kontribusi terhadap perluasan wacana tentang arsitektur.
Robert Venturi digambarkan sebagai salah satu talenta paling asli dalam arsitektur kontemporer. Ia juga telah  dengan menyelamatkan arsitektur modern (post-modern architecture) dari dirinya sendiri. Seperti Pritzker Architecture Prize Nobel lain sebelum dia, dia adalah seorang penulis, guru, seniman dan filsuf, serta arsitek. Robert Venturi  juga berpendapat bahwa “gubuk berhias / decorated shed” (bangunan biasa yang interior-nya dirancang secara fungsional sementara eksterior-nya diberi hiasan) adalah lebih baik daripada sebuah “bebek / duck” (bangunan di mana baik bentuk dan fungsinya menjadi satu). Pendapat Venturi ini menjadi dasar pendekatan Arsitektur Post-Modern.





·         Biografi
http://www.vanityfair.com/online/daily/2012/08/farewell-to-robert-venturi-las-vegas-architect/_jcr_content/par/cn_contentwell/par-main/cn_blogpost/cn_float_container/cn_image.size.s-goldberger-robert-venturi-header.jpg
Robert Charles Venturi, Jr.
Sumber: http//.google.com/robertventuri (diakses pada tanggal 13/9/2014)
Nama lengkap             : Robert Chales Venturi, Jr.
Lahir                            : Philadelphia, 25 Juni 1925
Suami dari                   : Denise Scott Brown (m. 1967)
Orang Tua                   : Vanna Venturi
Penulis Buku               : Learning from Las Vegas - Revised Edition: The Forgotten Symbolism of Architectural Form, dan lain-lain
Anak                           : James Venturi
Pendidikan                  :
ü  Universitas Princeton pada tahun 1947
ü  Menerima gelar Magister Art dari Princeton, pada tahun 1950
ü  Roma Prize Fellow di American Academy di Roma dari tahun 1954-1956
ü  Mengajar teori kursus arsitektur di University of Pennsylvania, School of Architecture. Ia juga telah mengajar di berbagai lembaga termasuk Yale, Princeton, Harvard, University of California di Los Angeles, Rice University dan American Academy di Roma.
Kutipan           :"When I was young, a sure way to distinguish great architects was through the consistency and originality of their work. This should no longer be the case. Where the Modern masters' strength lay in consistency, ours should lie in diversity."
                                    “less is a bore” ungkapannya mengenai arsitektur modern.
·         Karya-karya Bangunan Robert Venturi
ü  Vanna Venturi House, Philadelphia (1964) memenangkan penghargaan AIA Twenty-five Year dan diakui sebagai sebuah  "Masterwork of Modern American Architecture" oleh the United States Postal Service pada Mei 2005.
ü  Guild House, Philadelphia (1964)
ü  The Lieb House yang terletak di Barnegat Light, New Jersey. Dirancang oleh Venturi dan istrinya yaitu Denise Scott Brown. Bangunan ini dibangun pada tahun 1967 dan terkenal karena terdapat angka 9 pada bagian depan  bangunan dan jendela yang berbentuk perahu layar di satu sisinya.
ü  Fire Station #4. Columbus, Indiana (1968)
ü  Trubek and Wislocki Houses. Nantucket, Massachusetts (1971)
ü  Brant House. Greenwich, Connecticut (1972)
ü  Dixwell Fire Station di New Haven, CT (1974)
ü  Allen Memorial Art Museum modern addition, Oberlin College di Oberlin, Ohio (1976)
ü  BASCO Showroom, Philadelphia (1976)
ü  Franklin Court, Philadelphia (1976)
ü  Best Products Catalog Showroom di Langhorne, Pennsylvania (1978)
ü  Coxe-Hayden House and Studio di Block Island, Rhode Island (1981)
ü  Gordon Wu Hall di Princeton University, New Jersey (1983)
ü  House di New Castle, Delaware (1983)
ü  Lewis Thomas Laboratory di Princeton University, New Jersey (1986)
ü  House in East Hampton di Long Island, New York (1990)
ü  Gordon and Virginia MacDonald Medical Research Laboratories, UCLA di Los Angeles, California (1991)
ü  Sainsbury Wing, National Gallery di London, United Kingdom (1991)
ü  Seattle Art Museum di Seattle, Washington (1991)
ü  Restoration of the Fisher Fine Arts Library, University of Pennsylvania, Philadelphia (1991)
ü  Children's Museum di Houston, Texas (1992)
ü  Charles P. Stevenson, Jr. Library, Bard College di Annandale-on-Hudson, New York (1994)
ü  University of Delaware, Trabant Student Center (1996)
ü  Museum of Contemporary Art di San Diego, California (1996)
ü  Mielparque Nikko Kirifuri Resort di Nikko National Park, Japan (1997)
ü  Gonda (Goldschmied) Neurosciences and Genetics Research Center, UCLA di Los Angeles, California (1998)
ü  Provincial Capitol Building di Toulouse, France (1999)
ü  Frist Campus Center, Princeton University di New Jersey (2000)
ü  Rauner Special Collections Library, Dartmouth College di Hanover, New Hampshire (2000)
ü  Perelman Quadrangle, University of Pennsylvania di Philadelphia (2000)
ü  Baker Memorial Library, Dartmouth College di Hanover, New Hampshire (2002)
ü  Dumbarton Oaks Library, Harvard University di Washington, D.C. (2005)
ü  Undergraduate Science Building, Life Sciences Institute and Palmer Commons complex, University of Michigan di Ann Arbor, Michigan (2005)
ü  Biomedical Biological Science Research Building (BBSRB), University of Kentucky di Lexington, Kentucky (2005)
ü  Congregation Beth El Synagogue di Sunbury, PA. (2007)
ü  Episcopal Academy Chapel di Newtown Square, Pennsylvania (2008)
·         Penghargaan
ü  Rome Prize Fellow, American Academy in Rome tahun 1956
ü  AIA Medal for Complexity and Contradiction in Architecture tahun 1978
ü  Fellow in the American Institute of Architects tahun 1978
ü  AIA Architecture Firm Award, to Venturi, Rauch and Scott Brown tahun 1985
ü  Commendatore of the Order of Merit, Republic of Italy tahun 1986
ü  AIA Twenty-five Year Award to the Vanna Venturi House tahun 1989
ü  Elected to the American Academy of Arts and Letters tahun 1990
ü  The Pritzker Architecture Prize tahun 1991
ü  National Medal of Arts, United States Presidential Award tahun 1992 (bersama Denise Scott Brown)
ü  Commandeur de L'Ordre des Arts et Lettres, Republique Française, Ministère de la Culture et de la Communication tahun 2000
ü  Vincent Scully PrizeNational Building Museum tahun 2002 (bersama Denise Scott Brown)
ü  Design Mind Award, Cooper-Hewitt National Design Awards tahun 2007 (bersama Denise Scott Brown)
2.1       Micheal Graves
Lahir di Indianapolis dan mendalami arsitektur di University of Cincinnati dan Havard University. Konsep Graves adalah menafsirkan ulang gaya rasional yang diperkenalkan oleh Le Corbusier pada tahun 1920-an menjadi gaya neoklasik yang kemudian dia mengembangkan paham ekletik yang mengasbtrakkan bentuk-bentuk historikal dan menekankan penggunaan warna. Graves tidak memperdulikan akar-akar modernisme dan menghasilkan suatu visi klasisme yang kontras atau ironis dimana bangunan-bangunannya hanya menjadi klasik dalam hal massa dan susunan. Dia menerapkan humor sebagai bagian dari arsitektur. Rancangan-rancangannya yang terakhir dianggap oleh banyak orang tidak berselera dan banyak imitasi belaka.
Salah satu karya Michael Graves adalah Public Service Building (1980-1982) di Portland, Oregon. Bangunan ini memiliki bentuk yang global, sangat sederhana seperti kotak atau blok ada yang mengatakan seperti sebuah kado natal raksasa dan ada yang mengatakan seperti dadu.
Michael Graves sering disebut berpengaruh terhadap pergerakan pemikiran arsitektur Amerika dari modernisme ke post-modernisme. Graves mendirikan perusahaan di Princeton, New Jersey pada tahun 1964 dan mengajar di Princeton University di New Jersey selama hampir 40 tahun. Karya-karyanya berkisar dari proyek-proyek besar seperti Gedung Pelayanan Publik di Portland Oregon. Dia juga pendesain produk seperti furniture, teko, dan barang-barang rumah tangga lainnya.
Dengan belajar dari masa lalu, Graves sering menggabungkan gaya tradisional dengan gaya yang berkembang aneh saat itu pada rancangannya. Makanya dia diakui sebagai salah satu arsitek dengan langgam arsitektur

·         Biografi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi313ZX7AYnef5_dtSEmEenB4SikptuOr_HdIRksrX7qOISS2gOGQTINOO8MfcLyGGDrlgWiBpKdrRi6MyGRJ1_tcFcK0aObIkDScKKBYJR3Opq3hwXFk4RxkdwB1zJCLgaIazLbmydy-8r/s320/mg18.jpg
Micheal Graves
Nama               : Micheal Graves
Lahir                : Indianapolis, 9 Juli 1934
Pendidikan      :
ü  Diploma Broad Ripple High School pada tahun1952
ü  Memperoleh gelar sarjana di University of Cincinnati
ü  Memperoleh master degree di bidang  Arsitektur di Harvard University


·         Karya-karya Bangunan
ü  Hanselmann House, Fort Wayne, Indiana, 1968
ü  Benacerraf House, Princeton, New Jersey, 1969
ü  Snyderman House, Fort Wayne, Indiana, 1972
ü  Wageman House, Princeton, New Jersey, 1974
ü  Fargo-Moorhead Cultural Center Bridge, Fargo, North Dakota, 1977
ü  Plocek Residence, Warren, New Jersey, 1977 (1st postmodern design)
ü  Roma Interrotta Exhibition, Rome, Italy, 1978
ü  Portland Building, Portland, Oregon, 1982
ü  Humana Building, Louisville, Kentucky, 1982
ü  Newark Museum expansion, Newark, New Jersey, 1982
ü  San Juan Capistrano Library, San Juan Capistrano, California, 1982
ü  Riverbend Music Center, Cincinnati, Ohio, 1984
ü  Aventine Mixed Use Development, La Jolla, California, 1985
ü  Crown American Building, Johnstown, Pennsylvania, 1986
ü  Team Disney Building, Burbank, California, 1986
ü  Graves Residence "The Warehouse," Princeton, New Jersey, 1986
ü  Shiseido Health Club, Tokyo, Japan, 1986
ü  Clos Pegase Winery, Calistoga, California, 1987
ü  University Of Virginia, Bryan Hall, Charlottesville, Virginia, 1987
ü  Dolphin Resort, Walt Disney World, Orlando, Florida, 1987
ü  Swan Resort, Walt Disney World, Orlando, Florida, 1987
ü  Metropolis Master Plan, Los Angeles, California, 1988
ü  Tajima Office Building, Tokyo, Japan, 1988
ü  Disney's Hotel New York, Euro Disney Resort (now Disneyland Paris), Marne-la-Vallée, France, 1989
ü  Clark County Library and Theater, Las Vegas, Nevada, 1990
ü  Dairy Barn renovation, Harbourton, New Jersey, 1990
ü  Denver Public Library, Denver, Colorado, 1990
ü  Detroit Institute of Arts master plan, Detroit, Michigan, 1990
ü  Fukuoka Hyatt Hotel and Office Building, Fukuoka,Japan, 1990
ü  Kasumi Research and Training Center, Tsukaba, Japan, 1990
ü  Kavli Institute for Theoretical Physics, University of California, Santa Barbara, California, 1990
ü  Malibu House (private residence), Malibu, California, 1990
ü  Onjuku Town Hall, Onjuku, Japan, 1990
ü  University of Cincinnati College of Engineering, Engineering Center, Cincinnati, Ohio, 1990
ü  Richard Stockton College of New Jersey, Arts and Sciences Building, Pomona, New Jersey, 1991
ü  Thomson Consumer Electronics Americas headquarters, Indianapolis, Indiana, 1992
ü  United States Courthouse Renovation, Trenton, New Jersey, 1992
ü  Astrid Park Plaza Hotel and Business Center, Antwerp, Belgium, 1993
ü  International Finance Corporation Headquarters of the World Bank, Washington, DC, 1993
ü  Michael C. Carlos Museum, Emory University, Atlanta, Georgia, 1993
ü  Ministry Of Health, Welfare and Sport, The Hague, Holland, 1993
ü  Nexus Momochi Residential Tower, Fukuoka, Japan, 1993
ü  Archdiocesan Center, Newark, New Jersey, 1993
ü  Rome Reborn Exhibition, Washington, DC, 1993
ü  United States Post Office, Celebration, Florida, 1993
ü  1500 Ocean Drive, Miami Beach, Florida, 1994
ü  Ocean Steps Retail Center with 1500 Ocean Drive, Miami Beach, Florida, 1994
ü  One Port Center (Delaware River Port Authority headquarters), Camden, New Jersey, 1994
ü  Pura-Williams House, Manchester-by-the-Sea, Massachusetts, 1994
ü  Miramar Resort Hotel, El Gouna, Egypt, 1995
ü  Topeka & Shawnee County Public Library, Topeka, Kansas, 1995
ü  The Engineering Research Center, University of Cincinnati, 1995
ü  American Academy in Rome Rare Books Library, Rome, Italy, 1996
ü  Charles E. Beatley, Jr. Central Library, Alexandria, Virginia, 1996
ü  House At Indian Hill, Cincinnati, Ohio, 1996
ü  Indianapolis Art CenterIndianapolis, Indiana, 1996
ü  Lake Hills Country Club, Seoul, Korea, 1996
ü  Miele Americas Headquarters, Princeton, New Jersey, 1996
ü  O'Reilly Theater, Pittsburgh, Pennsylvania, 1996
ü  De Luwte House, River Vecht, Netherlands, 1997
ü  Drexel University North Hall Residence, Philadelphia, Pennsylvania, 1997
ü  El Gouna Golf Club, El Gouna, Egypt, 1997
ü  El Gouna Golf Hotel, El Gouna, Egypt, 1997
ü  El Gouna Golf Villas, El Gouna, Egypt, 1997
ü  Fortis/AG Headquarters, Brussels, Belgium, 1997
ü  Fukuoka Office Building, Fukuoka, Japan, 1997
ü  Hyatt Hotel Taba Heights, Taba Heights, Egypt, 1997
ü  Intercontinental Hotel, Taba Heights, Egypt, 1997
ü  Laurel Hall, New Jersey Institute of Technology, Newark, New Jersey, 1997
ü  NCAA Hall of Champions and headquarters, Indianapolis, Indiana, 1997
ü  United States Federal Courthouse, Washington, DC, 1997
ü  Bristol/Savoy Towers (Ten Good City), Fukuoka, Japan, 1998
ü  Cedar Gables House, Minneapolis, Minnesota, 1998
ü  Impala Building, New York, New York, 1998
ü  Saint Martin’s College Library, Lacey, Washington, 1998
ü  New Jersey Institute of Technology Master Plan, Newark, New Jersey, 1999
ü  New Jersey Institute of Technology, Laurel Hall Expansion, Newark, New Jersey, 1999
ü  Philadelphia Eagles/Novacare Training Center, Philadelphia, Pennsylvania, 1999
ü  Pittsburgh Cultural District Service Center, Pittsburgh, Pennsylvania, 1999
ü  Private Residence, Harbourton, New Jersey, 1999
ü  Rice University, Martel, Brown & Jones Colleges, Houston,Texas, 1999
ü  Singapore National Library Competition, Singapore, 1999
ü  Target House Fountain, Memphis, Tennessee, 1999
ü  Washington Monument restoration and scaffolding Washington, DC, 1999
ü  Watch Technicum, Lancaster County, Pennsylvania, 1999
ü  425 Fifth Avenue, New York, New York, 2000
ü  Capital Regional Medical Center, Tallahassee Community Hospital, Tallahassee, Florida, 2000
ü  Famille Tsukishima Apartment Building, Tokyo, Japan, 2000
ü  Hart Production Studios, San Francisco, California, 2000
ü  Newark Museum Science Gallery, Newark, New Jersey, 2000
ü  Perseus Office, Washington, DC, 2000
ü  Private Residence, Lake Geneva, Switzerland, 2000
ü  Children's Theatre Company, Minneapolis, Minnesota, 2001
ü  Fukuoka Office Building, Fukuoka, Japan, 2001
ü  Kasteel Holterveste, De Haverleij, Netherlands, 2001
ü  Mahler 4, Amsterdam, Netherlands, 2001
ü  Michael C. Carlos Museum Renovation, Emory University, Atlanta, Georgia, 2001
ü  Three On The Bund, Shanghai, China, 2001
ü  Arts Council of Princeton, Princeton, New Jersey, 2002
ü  Department of Transportation Headquarters, Washington, DC, 2002
ü  Kavli Institute for Theoretical Physics Kohn Hall, University of California, Santa Barbara, California, 2002
ü  National Museum of Prehistory, Taitung, Taiwan, 2002
ü  New Jersey City University Arts and Science Building, Jersey City, New Jersey, 2002
ü  New Jersey State Police Training Center & Headquarters, Trenton, New Jersey, 2002
ü  Resort Master Plan - Canary Islands, Canary Islands, Spain, 2002
ü  Rice University South Campus Master Plan, Houston, Texas, 2002
ü  St. Mary's Catholic Church, Rockledge, Florida, 2002
ü  Target Club Wedd House contest prize, 2002
ü  Florida Institute of Technology Master Plan, Melbourne, Florida, 2003
ü  George Washington University Sigma Chi Fraternity House, Washington, DC, 2003
ü  Housing For Martin House, Trenton, New Jersey, 2003
ü  The Pinnacle And 260 Main Street, White Plains, New York, 2003
ü  United States Courthouse, Nashville, Tennessee, 2003
ü  Fox School of Business Alter Hall, Temple University, Philadelphia, Pennsylvania, 2004
ü  Indianapolis Art Center Master Plan, Indianapolis, Indiana, 2004
ü  Maxwell Place On The Hudson, Interiors Block A, Hoboken, New Jersey, 2004
ü  National Automobile Museum, The Hague, Netherlands, 2004
ü  Princeton University Chancellor Green Interiors, Princeton, New Jersey, 2004
ü  Riverwalk 2, Nishinippon Institute of Technology Design School, Kitakyushu, Japan, 2004
ü  Trump International Hotel, Ft. Lauderdale, Florida, 2004
ü  University of Miami School Of Business, Miami, Florida, 2004
ü  701 E. Baltimore, Baltimore, Maryland, 2005
ü  Azulera Resort, Hotel and Residences, Brasilito Bay Guanacaste, Costa Rica, 2005
ü  Burj Dubai Towers, Dubai, UAE, 2005
ü  The Enclave Residential Condominiums, Puerto Vallarta, Mexico, 2005
ü  Hyatt Hotel, Beirut, Lebanon, 2005
ü  Luxury Condominium Towers, Beirut, Lebanon, 2005
ü  Maxwell Place On The Hudson, Interiors Block B, Hoboken, New Jersey, 2005
ü  Museum of the Shenandoah Valley, Winchester, Virginia, 2005
ü  Paterson Public Schools complex, Patterson, New Jersey, 2005
ü  Riverside Park Residential Development master plan, Fairfax County, Virginia, 2005
ü  Springhill Lake master plan, Greenbelt, Maryland, 2005
ü  Storehouse prototype retail store, West Palm Beach, Florida, 2005
ü  Allegria Residence, 6th of October City, Egypt, 2006
ü  The Falls at Lake Travis Community Master Plan, Austin, Texas, 2006
ü  Four Seasons Residence at Town Lake, Austin, Texas, 2006
ü  Minneapolis Institute of Arts Expansion, Minneapolis, Minnesota, 2006
ü  Notre Dame Club, Notre Dame University, South Bend, Indiana, 2006
ü  Private Residence, Sentosa, Singapore, 2006
ü  St. Regis Cairo, Cairo, Egypt, 2006
ü  Shake-a-Leg Residences, Miami, Florida, 2006
ü  St. Coletta of Greater Washington, Washington, DC, 2006
ü  Wyndham Hotels Prototypes, 2006
ü  Columbia University School of Nursing, New York, New York, 2007
ü  Community Master Plan, New Cairo, Egypt, 2007
ü  Detroit Institute of Arts, major renovation and expansion, Detroit, Michigan, 2007
ü  MarketFair Retail Center, Princeton, New Jersey, 2007
ü  Equestrian City Tower, Riyadh, Saudi Arabia, 2008
ü  Paul Robeson Center for the Arts, Arts Council of Princeton, 2008
ü  Mitchell Institute for Fundamental Physics & Astronomy and Department of Physics Building, Texas A&M University, College Station, Texas, 2009
ü  Alter Hall, Fox School of Business, Temple University, 2009
ü  Princeton University Wu-Wilcox Halls Additions & Interiors, Princeton, New Jersey, 2006
ü  Resorts World at Sentosa, Singapore, 2010
ü  Louwman Museum (National Automobile Museum), The Hague, The Netherlands, 2010
ü  PS/IS 42, Arverne, New York, 2012
·         Penghargaan
ü  Dipilih sebagai Fellow of the American Institute of Architects (AIA) tahun1979
ü  Memperoleh penghargaan National Medal of Arts tahun 1999
ü  Mendapat penghargaan AIA Gold Medal pada tahun 2001
ü  AIA Topaz Medal pada tahun 2010
ü  Senior Fellow of the Design Futures Council


















                                                                       BAB III                      
3.1  Vanna Venturi House by Robert Venturi
Vanna Venturi House
Sumber: www.google//vanna-venturi-house/ (diakses: 14/09/2014)
·         Latar Belakang
Kebanyakan pengkritik arsitektur biasanya menganggap konsistensi dalam arsitektur merupakan aspek penting dari desain. Namun dalam proses mendesain Vanna Venturi House, Robert Venturi menggunakan cara yang jarang digunakan dan diuji kompleksitas meliputi kontradiksi dalam arsitektur, sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, sehingga akan melawan norma/aturan-aturan yang sudah ada. Terletak di Chestnut Hill, Pennsylvania di situs datar dan terisolasi oleh sekitar pohon, Venturi meranrancang dan membangun sebuah rumah untuk ibunya antara tahun 1962-1964. Dalam pengujian keyakinannya pada kompleksitas dan kontradiksi (yang ia juga menulis buku Kompleksitas dan Kontradiksi dalam Arsitektur), Venturi mulai meninggalkan langgam yang sebelumnya berkembang yaitu arsitektur modern dan kemudian secara perlahan-lahan bangunan tersebut menjadi dikenal sebagai contoh pertama dari arsitektur post-modern.
http://ad009cdnb.archdaily.net/wp-content/uploads/2010/06/1275423989-upenn-528x365.jpg
Vanna Venturi House merupakan hunian pribadi

Bangunan ini dijual pada tahun 1973 dan tetap menjadi kediaman pribadi sehingga bangunan ini tidak terbuka untuk umum. Bangunan ini terdiri dari lima kamar dan memiliki luas sekitar 30 kaki (9 m) tinggi di bagian atas cerobong asap, namun memiliki fasad depan monumental, efek dicapai dengan sengaja memanipulasi elemen arsitektur yang menunjukkan skala bangunan. Elemen non-strukturalnya berupa lengkungan yang diaplikasikan pada bangunan dan hole in the wall  sehingga menjadi sebuah tantangan terbuka untuk ortodoksi modernis. Sejarawan arsitektur Vincent Scully mengatakan bahwa Vanna Venturi House merupakan "bangunan kecil terbesar dari paruh kedua abad kedua puluh."
View bangunan dari arah samping kiri dan kanan
Sumber: www.google//vanna-venturi-house/ (diakses: 14/09/2014)
·         Deskripsi Bangunan
Vanna Venturi House
Sumber: www.google//vanna-venturi-house/ (diakses: 14/09/2014)

Gaya Bangunan          : Post-Modern Architecture
Nama Proyek              : Vanna Venturi House
Lokasi                         : Chestnut Hill, Philadelphia, Pennsylvania, USA
Arsitek                                    : Robert Venturi
Waktu Pembangunan  : 1962-1964
Biaya Pembangunan   : $43,000
Nama Klien                 : Vanna Venturi         
Sistem Struktur           : Light Wood Frame
Penghargaan                : AIA Twenty-five Year Award dan
2012 AIA Philadelphia Landmark Building Award






·         Langgam Bangunan
http://www.statelykitsch.com/wp-content/uploads/2011/04/MH-Outside1-1024x682.jpg
View dari jalan masuk ke bangunan
Ketika Robert Venturi membangun rumah ini untuk ibunya (Vanna Venturi), ia mengejutkan dunia. Postmodern adalah gaya yang diterapkan pada bangunannya, rumah Vanna Venturi meninggalkan gaya Modernism yang merupakan langgam arsitektur yang berkembangan pada masa itu sehingga mengubah cara kita berpikir tentang arsitektur.
Vanna Venturi house
Sumber: Sumber: www.google/vanna-venturi-house (diakses: 14/9/2014)

·         Desain Bangunan
Gambar perencanaan Vanna Venturi house
Sumber: www.google/vanna-venturi-house-plan (diakses: 14/9/2014)
Desain Vanna Venturi rumah muncul tampak sederhana. Sebuah bingkai kayu ringan dibagi oleh cerobong asap yang bertingkat. Bangunan ini memiliki bentuk yang simetri, namun simetri  terdistorsi. Misalnya, pada fasad sisi luar bangunan diimbangi dengan lima kotak jendela di setiap sisinya. Posisi jendela diatur supaya tidak simetris. Sehingga bagi yang melihat akan memiliki beberapa penafsiran. Di dalam bangunan, tangga dan cerobong asap menjadikan keduannya sebagai ruang pusat utama pada bangunan ini. Keduanya membagi bentuk bangunan agar sesuai satu sama lain. Dengan menggabungkan gaya tersbut dengan tradisi, Vanna Venturi House referensi untuk arsitektur bersejarah dan arsitektur post-modern.
Tampak bangunan pada sisi depan
Sumber: www.google//vanna-venturi-house (diakses: 14/09/2014)
http://www.statelykitsch.com/wp-content/uploads/2011/04/MH-outside2-1024x902.jpg http://www.statelykitsch.com/wp-content/uploads/2011/04/MH-outside3-682x1024.jpg
View dari sisi kiri bangunan dan detail pintu masuk pada bagian depan

Rumah radikal Venturi dibangun untuk ibunya sering dibahas dalam arsitektur dan sejarah yang telah menjadi inspirasi bagi karya arsitek lainnya.



3.2       Portland Building by Micheal Graves
 
Portland Building
Sumber: www.archdaily/ ad-classics-the-portland-building-michael-graves (diakses: 16/09/2014)
Portland Building adalah sebuah bangunan kantor kotamadya yang memilik 15 lantai yang terletak di 1120 SW 5th Avenue di pusat kota Portland, Oregon. Dibangun dengan biaya US $ 29 juta. Dibuka pada tahun 1982 dan dianggap sebagai arsitektur inovatif pada saat itu. Bangunan kantor ini terletak di kota Portland serta berdekatan dengan balai kota Portland. Pada tahun 2011 bangunan ini dijadikan sebagai area National Register of Historic.
·         Latar Belakang
  
Portland building terlihat menonjol daripada bangunan disekitarnya
Sumber: https://www.google.co.id (diakses: 16/9/2014)
Walikota Portland yaitu Frank Ivancie berpendapat bahwa gaya modernis kemudian diterapkan untuk sebagian besar pada bangunan kantor mulai membuat beberapa kota di Amerika menjadi pusat-pusat kota terlihat membosankan, sebagian besar gedung-gedung yang tertutupi oleh kaca dan baja. Sangat kurang terdapat fitur desain yang akan membuat mereka menonjol. Pada tahun 1990, hanya delapan tahun setelah itu dibangun, lobi dan food court yang membutuhkan renovasi.
·         Deskripsi Bangunan
Nama proyek               : Portland Municipal Service Building
Pemilik Bangunan       : City of Portland, Bureau of General Services
Lokasi                         : Portland
Arsitek                                    : Micheal Graves, Emiry Roth and Sons
Tahun                          : 1982
Biaya Pembangunan   : US$29 Juta
Tipe Bangunan            : Municipal/Pemerintahan

·         Langgam Bangunan
250px-Portland_Building_1982.jpg portlandbuilding1.jpg
Portland Building

Bangunan ini merupakan bangunan tinggi yang pertama yang membantah teori-teori arsitektur modern yang berkembang pada masa itu. Kota dengan bangunan dengan gaya yang sama terlihat membosankan sehingga menimbulkan gejolak bagi Micheal Graves untuk menciptakan suatu desain bangunan yang baru dan menarik. Inilah yang dimaksud dengan arsitektur post-modern, yaitu melakukan terobosan-terobosan desain yang baru dengan tetap mengadopsi desain sebelum. Dengan kata lain, arsitektur post-modern merupakan pengembangan dari arsitektur modern.

·         Desain Bangunan
Tampilan khas Michael Graves pada Portland Building berupa dengan penggunaan dari berbagai bahan yang bertekstur dan warna, jendela dengan ukuran yang kecil, dan penyertaan dekoratif yang berkembang dan menonjol sehingga menghadirkan sebuah visualisasi yang sangat kontras dengan gaya arsitektur yang paling umum digunakan untuk bangunan kantor pada saat itu. Dengan faktor-faktor tersebut yang membuat bangunan ini menjadi salah satu ikon arsitektur post-modern. Bangunan ini merupakan bangunan besar yang pertama dengan gaya arsitektur post-modern. Desain digambarkan sebagai penolakan terhadap prinsip-prinsip modernis didirikan pada awal abad ke-20.
1.jpg2.jpg
Penggunaan material bertekstur dan warna yang kontras serta dekoratif yang berkembang
Sumber: http//www.google.co.id/portland-building (diakses: 16/9/2014)



BAB IV
Perkembangan Arsitektur Modern di Barat dan Timur
4.1       Perkembangan Arsitektur Modern di Barat
Pada tahun 1960-1970 gerakan arsitektur modern (yang dikenal dengan modern movement) mulai memperlihatkan tanda akhir. Gerakan yang bertahan selama tiga generasi ini telah melewati tiga tahap perkembangan yaitu early modernism, high modernism dan late modernism (Trachtenberg, 1987).
Early modernism  diwarnai dengan karya-karya Frank Llyod Wright (1869-1959) yang kebanyakan merupakan rumah tinggal serta lahirnya sekolah arsitektur The Chicago School di Amerika Serikat. Tahap ini juga diwarnai oleh karya-karya Louis Sullivan, arsitek besar yang terkenal dengan dictum “form follows function”.
High modernism yang lahir setelah perang dunia I yang diisi oleh arsitek-arsitek dunia yang pindah dari Negara asalnya ke Amerika yaitu Luig Mies van der Rohe, Le Conbuzier dan Walter Gropius. Mereka dikenal dengan sebutan arsitek Avant-garde yang karyanya memiliki nilai-nilai kemanusiaan, ekspresionisme dan idealism.
Late modernism lahir setelah perang dunia II, ditandai dengan karya-karya pencakar langit (skycraper) dengan melibatkan teknologi tinggi (hi-tech). Beberapa arsitek yang terkenal pada periode ini adalah Hugh Stubbins, I.M. Pei, Raymond Hood, tiga serangkai Skidmore, Owings dan Merril.
Berakhirnya era arsitektur modern ini ditandai dengan dihancurkannya Pruitt-Igoe House yang berada di St. Loius, Negara bagian Missouri, Amerika Serikat, pada tanggal 15 juli 1972. Kematian arsitektur modern yang lahir pada tahun 1890-an ini sangat ironis, karena perumahan Pruitt-Igoe yang dibangun berdasarkan ide dari CIAM (Congres Internationaux d’Architecture Moderne) yang telah memenangkan pengahargaan dari AIA (American Institute of Architects) pada tahun 1961. Padahal keberadaan CIAM sendiri dimaksudkan sebagai wadah yang membuat aturan perancangan dan mengontrol pelaksanaan pembangunannya (Giedeon, 1982).
Kegagalan bangunan tersebut membuktikan bahwa dasar filosofi arsitektur modern sudah tidak relavan lagi dengan tuntutan zaman. Dokrin-dokrin Rasionalism, Behaviorism dan Pragmatism yang mendasari pertumbuhan arsitektur modern dianggap sudah tidak rasional lagi.
4.2       Perkembangan Arsitektur Modern di Timur
Perkembangan arsitektur modern di timur meliputi beberapa pembagian wilayah.Perkembangan setiap wilayah pasti berbeda-beda dikarenakan beberapakan faktor yang berpengaruh terhadap manusia juga lingkungan. Termasuk didalamnya terdapat faktor kepercayaan juga tradisi suatu wilayah.
Perkembangan arsitektur modern yang paling berbeda dengan arsitektur modern di wilayah lain adalah arsitektur jepang. Di jepang tradisi adat, termasuk Shintoisme (ajaran agama asli Jepang yang mengedepankan kedekatan dengan alam) menjadi dasar pola pikir dan hidup serta budaya, terungkap dalam fisik arsitektural, konsep arsitektur modern Purish yang berkaitan dengan kemurnian, harmoni dan keseimbangan sudah berabad-abad menjadi konsep perancangan bangunan di Jepang. Dalam arsitektur Jepang keindahan terpancar dari keheningan, “kesunyian”, bersih dan polos.
Konsep desain bangunan Jepang dapat mudah dikenali perbedaannya dengan arsitektur barat. Orang memperhatikan persepsi-persepsi dan memperhatikan ruang berpengaruh terhadap tradisi dan sejarah yang kompleks serta berkenaan dengan kebutuhan ruang yang dituntut oleh dinamika orang Jepang secara individu.

Pada dasarnya perkembangan arsitektur modern di barat dan timur sangat berbeda berdasarkan pola pikir dan lingkungan.

2 comments: